News  

Lomba Da’i Porsenap 2023, Warga Binaan Lapas Cilegon Sabet Juara 1

Lomba Da’i Porsenap 2023, Warga Binaan Lapas Cilegon Sabet Juara 1

Pengumuman pemenang lomba Da’i Porsenap 2023 telah diumumkan pada tanggal 27 Mei 2023. Lomba Da’i Porsenap adalah ajang kompetisi untuk mengasah kemampuan berdakwah dan memberikan kesempatan bagi warga binaan Lapas Cilegon untuk berpartisipasi dalam kegiatan positif serta mengembangkan bakat dan kreativitas. Lomba ini adalah bagian dari program resosialisasi dan rehabilitasi yang diadakan oleh Lembaga Pemasyarakatan dengan tujuan meningkatkan keterampilan serta kualitas hidup narapidana.

Juara pertama lomba ini diraih oleh warga binaan Lapas Cilegon dengan nama Muhammad Rafi. Ia berhasil memukau juri dan suggestor dengan keterampilan oratorinya yang luar biasa dan memperdalam pengetahuannya dalam bidang agama Islam. Selain itu, dia juga mampu memberikan pesan-pesan yang menginspirasi dan membimbing audiens untuk memperkuat iman dan karakter pribadi.

Dikarenakan prestasinya yang luar biasa, kita perlu mengetahui informasi lebih banyak tentang latar belakang serta jalannya lomba Da’i Porsenap 2023.

1. Latar Belakang Lomba Da’i Porsenap 2023

Lembaga Pemasyarakatan Cilegon merasa perlu untuk melakukan rehabilitasi terhadap narapidana dengan memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan berdakwah dan pengetahuan agama. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan Lomba Da’i Porsenap 2023. Lomba ini bertujuan untuk mencari bakat dan keterampilan dakwah serta memberikan warga binaan Lapas Cilegon sarana untuk menaburkan ilmu agama kepada orang lain serta membantu mengasah kemampuan komunikasi dan presentasi.

2. Rangkaian Acara Lomba Da’i Porsenap 2023

Lomba Da’i Porsenap terdiri dari berbagai tahap mulai dari tahap audisi hingga tahap final. Tahap 1 berupa penyerahan video audisi oleh warga binaan Lapas Cilegon secara online yang kemudian akan dinilai oleh juri dan suggestor yang telah ditunjuk oleh panitia. Selanjutnya, peserta yang lolos audisi akan mengikuti tahap 2 dengan kegiatan pelatihan intensif di area Lapas Cilegon. Di tahap ini, peserta akan dibimbing oleh narasumber dan pelatih yang memiliki keahlian di bidang dakwah serta diberikan kesempatan untuk belajar interaksi sosial dan keterampilan lainnya terkait dengan presentasi.

Tahap 3 adalah Grand Final, yang diadakan di gedung Pertemuan Lapas Cilegon pada tanggal 26 Mei 2023. Acara ini dihadiri oleh Bapak Gubernur Provinsi Banten, Kepala Lapas Cilegon, dan juri. Setiap finalis akan memperebutkan juara 1,2,3 dan berhak atas hadiah yang telah ditentukan oleh panitia.

3. Persiapan Menuju Lomba Da’i Porsenap 2023

Setiap warga binaan Lapas Cilegon yang mendaftarkan diri dalam Lomba Da’i Porsenap 2023 harus bersiap dengan matang agar dapat bersaing dengan peserta lainnya. Mereka harus mempersiapkan materi presentasi dan presentasi diri dengan baik serta pastikan bahwa mereka mampu menguasai dengan baik materi yang akan dipresentasikan. Persiapan juga meliputi pengetahuan dan pemahaman agama yang kuat, keterampilan dalam berkomunikasi, serta sikap yang baik agamis dan moral.

4. Pelatihan Intensif

Para finalis yang lolos audisi akan mengikuti serangkaian pelatihan intensif dengan tim pelatih yang telah ditunjuk oleh panitia. Pelatihan akan berisi materi seperti dakwah, keterampilan presentasi, dan komunikasi sosial. Pelatihan ini bertujuan untuk memperbaiki keterampilan dan kemampuan para finalis dan pastikan bahwa mereka mampu menunjukan kemampuan terbaik mereka di panggung.

5. Persiapan Mental Menuju Lomba Da’i Porsenap 2023

Persiapan mental sebelum tampil di panggung itu sangatlah penting. Mereka harus memiliki mental kuat, percaya diri dan fokus pada tujuannya, yaitu menjadi yang terbaik dalam Lomba Da’i Porsenap tahun 2023. Tak kalah penting, peserta harus tetap mengontrol diri agar tidak terpancing dengan hal-hal yang tidak penting.

6. Strategi Presentasi dan Pembawaaan

Dalam strategi presentasi, peserta harus pandai dan menguasai materi dan penyampaian yang jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Penampilan dan penampilan yang baik juga harus juga harus di dukung dengan pengetahuan agama yang mendalam dan menarik. Pastikan peserta bisa menyampaikan pesan dengan tepat dan benar kepada audiens.

7. Penilaian Juri Lomba Da’i Porsenap 2023

Penilaian peserta Lomba Da’i Porsenap 2023 akan dinilai secara ketat oleh juri dan suggestor yang ahli di bidang agama dan presentasi. Mereka akan menilai secara umum seperti materi presentasi, strategi presentasi dan ketajaman otak logika. Selain itu, mereka juga akan menilai dari aspek inti seperti keilmuan dan argumen dakwah, bawah bahasa yang baik dan benar, serta keindahan bhs dan penggunaan bahasa tubuh yang baik.

8. Juara Lomba Da’i Porsenap 2023

Setelah melalui tahapan yang ketat dari tahap audisi hingga semifinal, juara Lomba Da’i Porsenap 2023 akhirnya diumumkan pada tanggal 27 Mei 2023. Hasil penjurian menunjukkan bahwa Muhammad Rafi sebagai juara 1. Meraih gelar juara ini, bukanlah sebuah keberuntungan belaka tetapi atas perjuangan dan kerja keras selama proses lomba. Rafi mampu membawa konten dan argumen dakwah dengan baik dan , menarik dan mengena ke dalam konteks sosial yang cocok dengan audience.

9. Dampak Lomba Da’i Porsenap 2023

Lomba Da’i Porsenap 2023 mampu memberikan dampak yang positif terhadap warga binaan Lapas Cilegon, antara lain :

a. Dapat menjadi sarana untuk mengasah kemampuan berdakwah para narapidana sehingga mampu menyalurkan pengetahuan agama kepada orang lain dan membantu masyarakat.
b. Dapat menjadi sarana kegiatan positif dan kreatif sebagai bagian dari program resosialisasi dan rehabilitasi oleh lembaga pemasyarakatan.
c. Dapat memperkenalkan Lapas Cilegon dan memberikan dukungan positif dari masyarakat terhadap lembaga tersebut.
d. Dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan berbicara serta kualitas hidup warga binaan Lapas Cilegon.

10. Kesimpulan

Lomba Da’i Porsenap 2023 adalah ajang kompetisi untuk mengasah kemampuan berdakwah, yang diadakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Cilegon. Lomba adalah bagian dari program resosialisasi dan rehabilitasi, dan bertujuan untuk membantu warga binaan Lapas Cilegon mengembangkan keterampilan, meningkatkan kualitas hidup, serta mencari pengalaman baru. Peserta harus mempersiapkan diri secara matang serta menguasai tentang agama Islam dan memiliki sikap yang baik. Dalam lomba, mereka dituntut untuk memiliki strategi presentasi yang baik dan penampilan yang memukau agar mampu memukau audiens. Penilaian peserta Lomba Da’i Porsenap 2023 akan penilaian ketat oleh juri dan suggestor yang ahli di bidang agama dan presentasi. Lomba Da’i Porsenap 2023 menunjukkan bahwa Warga Binaan Lapas Cilegon memiliki kemampuan yang hebat dan kreatif di dalam nge-dakwah dan sabetanjuara 1, Muhammad Rafi. Lomba Da’i Porsenap 2023 memberikan dampak yang positif untuk warga binaan Lapas Cilegon dan membuka peluang untuk kegiatan positif dengan pola rehabilitasi dan resosialisasi.

Dalam rangka menjadi lebih baik dan bermanfaat, pemerintah harus mempertahankan dan bahkan meningkatkan kegiatan serupa lagi pada tahun-tahun selanjutnya. Semoga, juara Lomba Da’i Porsenap 2023 dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para warga binaan Lapas lainnya untuk terus mengembangkan bakat dan keterampilan saat proses rehabilitasi untuk menjadi manusia yang lebih baik bagi masyarakat.