Marcelo Gallardo Ramaikan Bursa Calon Pelatih Chelsea

Marcelo Gallardo Ramaikan Bursa Calon Pelatih Chelsea

Halo pembaca setia, kali ini kita akan membahas tentang kabar terbaru di dunia sepak bola. Salah satu klub besar di Liga Inggris, Chelsea FC, dikabarkan akan mengganti pelatih mereka untuk musim depan. Nama-nama yang santer disebut sebagai calon pengganti Frank Lampard, di antaranya adalah mantan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, serta pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel. Namun, kabar terbaru muncul bahwa nama Marcelo Gallardo dipertimbangkan oleh Chelsea.

Siapa sih Marcelo Gallardo itu? Apa yang membuatnya diminati oleh Chelsea? Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Siapakah Marcelo Gallardo?

Marcelo Gallardo adalah seorang mantan pemain sepak bola Argentina yang saat ini menjabat sebagai pelatih di klub asal Argentina, River Plate. Ia memulai karir sebagai pemain di klub terkenal River Plate pada tahun 1993 dan berhasil memenangkan banyak gelar, termasuk Liga Amerika Selatan pada tahun 1996. Ia juga pernah bermain untuk klub Prancis, Monaco, di mana ia turut meraih beberapa prestasi.

2. Sukses dengan River Plate

Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 2011, Gallardo memutuskan untuk melanjutkan karirnya sebagai pelatih. Ia bergabung dengan klub masa kecilnya, Nacional de Montevideo, sebelum akhirnya bergabung dengan River Plate pada tahun 2014. Gallardo membawa River Plate meraih banyak gelar, termasuk Copa Libertadores dan Recopa Sudamericana. Kesuksesan Gallardo sepanjang karirnya sebagai pelatih ini lah yang membuatnya menjadi populer dan diminati oleh banyak klub besar di Eropa.

3. Tampil Apik di Copa Libertadores

Prestasi terbesar Gallardo sebagai pelatih tentu saja adalah saat ia mempersembahkan gelar Copa Libertadores untuk River Plate pada tahun 2015 dan 2018. Performa apik River Plate di bawah asuhan Gallardo di ajang ini pun membuat banyak klub Eropa meliriknya sebagai calon pelatih mereka.

4. Taktik menyerang yang agresif

Gallardo dikenal sebagai pelatih yang menerapkan taktik menyerang yang agresif dan atraktif. Ia juga dikenal sebagai pelatih yang pandai melakukan rotasi pemain dan membuat keputusan taktis yang tepat di lapangan. Gaya permainan menyerang yang cenderung ofensif yang diterapkan Gallardo sepertinya cocok dengan gaya permainan klub-klub besar di Eropa.

5. Minat Chelsea

Tidak hanya dilirik oleh klub besar lain seperti Barcelona, Marcelo Gallardo juga tidak luput dari perhatian klub raksasa Liga Inggris, Chelsea. Kabar mengenai ketertarikan Chelsea pada Gallardo pertama kali muncul di media sosial pada bulan Desember tahun lalu saat ada yang mengunggah foto David Luiz bersama Gallardo di Argentina.

6. Sinyal Gallardo

Dalam suatu wawancara, Gallardo pun memberikan sinyal yang cukup positif mengenai kemungkinan ia memang akan melatih di klub Eropa suatu saat nanti. Ia mengatakan bahwa ia tertarik untuk menjadi pelatih di klub manapun yang ingin memakai filosofinya dalam mengembangkan pemain dan membangun taktik bermain.

7. Persaingan ketat

Namun, tentu saja Gallardo tidak akan bisa begitu saja dikontrak oleh Chelsea. Saat ini nama Marcelo Gallardo bersaing dengan calon pelatih lainnya yang tidak kalah hebatnya, yaitu Massimiliano Allegri dan Thomas Tuchel. Keduanya juga memiliki rekam jejak yang mumpuni sebagai pelatih di klub-klub besar di Eropa.

8. Persiapan Klub

Chelsea sebagai klub peminat Marcelo Gallardo, tentu saja harus mempersiapkan segala hal dengan matang sebelum memutuskan apakah akan merekrut Gallardo sebagai pelatih baru mereka. Klub harus mempertimbangkan banyak hal, terutama mengenai kesiapan Gallardo untuk bertahan di klub Eropa dalam waktu lama.

9. Kesimpulan

Marcelo Gallardo merupakan satu-satunya pelatih dari Amerika Selatan yang dipertimbangkan oleh Chelsea sebagai calon pelatih baru mereka. Gallardo mempunyai banyak pengalaman sebagai pelatih dan telah membawa klub River Plate meraih banyak gelar, termasuk Copa Libertadores. Gallardo dikenal sebagai pelatih yang berani menerapkan taktik menyerang yang agresif dan atraktif. Namun, persaingan dengan pelatih lain yang tak kalah mumpuni membuat Chelsea harus benar-benar matang dalam memilih pelatih yang sesuai dengan filosofi klub mereka.