Indeks
News  

Mediatek Helio G35 Setara dengan Snapdragon berapa, Simak Penjelasannya

Mediatek Helio G35 Setara dengan Snapdragon? Simak Penjelasannya

Hai, selamat datang di artikel yang membahas tentang chipset Mediatek Helio G35 yang sedang naik daun. Mediatek Helio G35 merupakan salah satu chipset android terbaru yang banyak dibicarakan. Banyak pula yang mengatakan bahwa chipset ini setara dengan Snapdragon. Nah, benarkah demikian? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Apa itu Mediatek Helio G35?

Mediatek Helio G35 adalah chipset android terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi asal Taiwan, Mediatek pada bulan Juli 2020. Chipset ini diperuntukkan untuk smartphone entry-level dan mid-range. Mediatek Helio G35 hadir dengan performa yang powerful dan juga harga yang terjangkau, sehingga banyak pabrikan smartphone yang memilih chipset ini sebagai andalannya.

2. Spesifikasi Mediatek Helio G35

Beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh chipset Mediatek Helio G35 adalah 8 core, 2,3 GHz, teknologi 12nm, serta dukungan RAM hingga 6GB. Chipset ini juga dilengkapi dengan teknologi HyperEngine yang memungkinkan penggunaan perangkat gaming berat. Selain itu, Mediatek Helio G35 juga mendukung penggunaan kamera hingga 25 MP, serta dukungan resolusi layar hingga 2400 x 1080.

3. Kinerja Mediatek Helio G35

Mediatek Helio G35 memiliki performa yang cukup powerful untuk menjalankan beberapa kegiatan multitasking. Chipset ini ditenagai dengan CPU octa-core yang terbagi menjadi dua jenis yaitu Arm Cortex-A53 quad-core yang memiliki kecepatan 2,3 GHz dan 1.8 GHz. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR PCX GE8320 yang mendukung gaming dengan kualitas grafis yang bagus.

4. Perbandingan dengan Snapdragon

Mediatek Helio G35 memang sering dibandingkan dengan chipset Snapdragon. Namun, apakah chipset ini setara dengan Snapdragon? Sebenarnya, tidak bisa dipastikan ketepatan persamaannya karena setiap chipset memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, berdasarkan performa dan spek yang dimiliki, Mediatek Helio G35 setara dengan Snapdragon 450.

5. Kedua Chipset Memiliki Keunggulan Masing-masing

Kedua chipset tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Snapdragon 450 memiliki performa yang lebih powerfull dibandingkan dengan Mediatek Helio G35, namun Mediatek Helio G35 lebih unggul dalam hal penggunaan perangkat gaming berat. Selain itu, Mediatek Helio G35 juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Snapdragon 450.

6. Kelebihan Mediatek Helio G35

Salah satu keunggulan Mediatek Helio G35 adalah teknologi HyperEngine yang memungkinkan penggunaan perangkat gaming berat. Teknologi ini meminimalisir overheating, delay, serta kehilangan sinyal jaringan wifi atau mobile data yang biasa terjadi ketika sedang mengalami lag dalam mode gaming. Selain itu, harga Mediatek Helio G35 yang lebih terjangkau juga menjadi nilai tambah dari chipset ini.

7. Kekurangan Mediatek Helio G35

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, chipset Mediatek Helio G35 juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah daya tahan baterai yang tidak terlalu tahan lama dibandingkan dengan chipset lain pada kelas yang sama. Selain itu, chipset ini kurang mendukung penggunaan kamera beresolusi tinggi hingga 48MP.

8. Kesimpulan

Setelah dibandingkan dengan Snapdragon 450, chipset Mediatek Helio G35 memang memiliki performa yang setara dengan chipset tersebut. Namun, baik Mediatek Helio G35 maupun Snapdragon 450 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal penggunaan perangkat gaming, Mediatek Helio G35 sedikit unggul dari Snapdragon 450.

9. Rekomendasi Smartphone dengan Mediatek Helio G35

Beberapa ponsel yang menggunakan chipset Mediatek Helio G35 adalah Realme C11, Redmi 9C, Infinix Smart 4, serta ponsel dari brand lokal seperti Advan G35, dan Andromax A. Ketiga ponsel tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau dan dilengkapi dengan spek yang unggul.

10. Kesan Akhir

Chipset Mediatek Helio G35 memang setara dengan Snapdragon 450, namun kedua chipset tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Memilih chipset yang tepat tergantung dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Mediatek Helio G35 cocok untuk penggunaan perangkat gaming, namun kekurangan pada daya tahan baterai menjadi catatan khusus untuk diwaspadai. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik untuk membeli smartphone dengan chipset Mediatek Helio G35?

Originally posted 2023-03-26 18:00:40.

Exit mobile version