Gara-gara Ditabrak Marc Marquez, Miguel Oliveira Ikutan Absen di MotoGP Argentina 2023

MotoGP Argentina 2023, ajang balap motor dunia yang sangat dinantikan oleh para pecinta racing di seluruh dunia. Namun sayangnya, ada kabar kurang baik yang datang dari pembalap KTM, Miguel Oliveira. Dia dikabarkan akan absen di acara tersebut karena mengalami cedera akibat kecelakaan saat di tes pramusim di Sirkuit Catalunya pada 23 November 2022 lalu.

Cedera Miguel bukan satu-satunya kabar buruk di MotoGP Argentina 2023. Pembalap andalan Honda, Marc Marquez juga mengalami kecelakaan selama tes pramusim. Meskipun cederanya tidak separah Miguel, namun dia juga terpaksa absen saat ajang balap digelar.

Berikut ini adalah beberapa informasi terbaru tentang kecelakaan Miguel dan Marc yang menyebabkan mereka absen di MotoGP Argentina 2023.

The Crash Incident

Pada 23 November 2022, Miguel Oliveira mengalami kecelakaan saat melakukan tes pramusim di Sirkuit Catalunya. Kecelakaan itu disebabkan oleh insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Franco Morbidelli.

Marc menabrak motornya ke dalam sudut roda belakang Morbidelli, yang menyebabkan Marquez terlempar ke udara. Karena kecepatannya cukup tinggi, Marquez tidak dapat menghindar dan menabrak Miguel, yang sedang berada di depannya.

Miguel Oliveira mengalami cedera pada bagian punggung dan pinggangnya. Setelah menjalani beberapa tes, dia diputuskan untuk absen di MotoGP Argentina 2023 agar bisa fokus pada pemulihan cederanya.

Marc Marquez, di sisi lain, mengalami cedera pada pergelangan tangan kanannya dan dilarikan ke rumah sakit. Namun, dia diperbolehkan untuk keluar setelah menjalani beberapa tes dan mendapatkan persetujuan untuk mengikuti balap pada akhir pekan balap MotoGP Argentina 2023.

Cedera Miguel yang Kaburkan Peluang Juara KTM

Miguel Oliveira adalah salah satu pembalap terbaik yang dimiliki oleh KTM. Dia memenangkan dua balapan MotoGP musim lalu dan bertekad untuk memberikan hasil yang sama atau bahkan lebih baik di MotoGP Argentina 2023. Namun, cedera itu membuka peluang bagi pembalap lain untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Gustl Auinger, mantan pembalap KTM mengatakan bahwa absennya Oliveira mungkin menjadi moment pembalap lain seperti Joan Mir, Fabio Quartararo atau pembalap dari Suzuki, Alex Rins atau pembalap Yamaha, Maverick Vinales untuk meraih kemenangan.

Namun, meskipun Miguel absen, KTM menegaskan komitmen kuatnya untuk meraih kemenangan pada Klasemen Pabrikan dan Klasemen Tim secara keseluruhan.

“Kami menempatkan ekspektasi yang tinggi pada tim kami pada 2023 dan meskipun ini bukanlah awal yang mulus untuk musim ini, kami tetap berjuang bersama untuk hasil terbaik yang tidak mungkin kami tinggalkan,” kata Michael Viertel, Wakil Presiden Mekanik Motorsport di KTM.

Ketegangan antara Marquez dan Morbidelli di MotoGP Argentina 2023

Insiden yang melibatkan Marquez dan Morbidelli di tes pramusim di Sirkuit Catalunya memicu ketegangan antara kedua pembalap tersebut. Kecelakaan itu terjadi setelah Morbidelli menyalip Marquez, tetapi Marquez kemudian mencoba untuk merebut tempatnya kembali saat masuk ke tikungan.

Namun, Morbidelli lebih dulu menempatkan motornya di jalur yang diambil Marquez, sehingga Marquez harus menabrak motornya untuk menghindari tabrakan yang lebih serius. Kecelakaan itu menjadi pembicaraan hangat di paddock MotoGP dan beberapa pembalap lain mengambil kesempatan untuk berkomentar tentang hal tersebut.

“Ada beberapa titik dalam balapan saat Anda perlu menghormati pembalap yang lebih cepat daripada Anda dan mengejar poin Anda ketika Anda mampu melakukannya,” kata Danilo Petrucci, pembalap KTM lainnya.

Bagaimanapun, Marquez dan Morbidelli sama-sama menjadi korban dalam kecelakaan tersebut, meskipun Marquez lebih beruntung karena cederanya tidak separah Miguel.

KTM dan Honda Bekerja Sama untuk Tingkatkan Keselamatan

Kecelakaan Marquez dan Miguel dalam tes pramusim di Sirkuit Catalunya memicu reaksi dari pabrikan motor. KTM dan Honda menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan keselamatan para pembalap MotoGP.

“Kami ingin bekerja sama dengan KTM dan para pembalap lainnya untuk meningkatkan keamanan di sirkuit. Ini sangat penting bagi kami dan kami berharap bahwa semua orang di paddock MotoGP memprioritaskan keselamatan pembalap,” kata Alberto Puig, Manajer Tim Repsol Honda, selanjutnya ditimpali oleh Pit Beirer, Direktur Olahraga KTM.

KTM, Honda dan pabrikan motor lainnya terus bekerja keras untuk meningkatkan teknologi keselamatan mereka, jadi para pembalap dapat berkendara dengan aman dan tidak khawatir cedera serius.

Kecelakaan pada tes pramusim di Sirkuit Catalunya menjadi pengingat betapa pentingnya keselamatan dalam balap motor. Semua pabrikan motor, termasuk KTM dan Honda, terus melakukan upaya untuk meningkatkan keselamatan pembalap dan menjamin agar ajang balap dapat berlangsung secara aman dan kompetitif.

Namun, cedera Miguel dan absennya dua pembalap terbaik dari MotoGP Argentina 2023 menunjukkan betapa pentingnya persiapan fisik dan mental bagi para pembalap. Mereka harus mengetahui batasan dan memprioritaskan keselamatan demi meraih prestasi yang terbaik.