News  

Dirut Raih Best CEO Digital Technology & Innovation Award 2023, PLN Group Borong 11 Penghargaan Inovasi Digital

Dirut Raih Best CEO Digital Technology & Innovation Award 2023, PLN Group Borong 11 Penghargaan Inovasi Digital

Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berinovasi dalam memperbaiki kualitas pelayanannya di Indonesia. Semakin majunya teknologi digital membuat PLN semakin tidak bisa ketinggalan zaman. Oleh karena itu, setiap tahun, perusahaan ini menunjukkan persaingannya dalam dunia teknologi yang semakin berkembang. Dalam perkembangannya, PLN Group berhasil memenangkan penghargaan Multi-Platform CEO Digital Technology dan Innovation Award Harapan 2023. Penghargaan ini mendorong PLN untuk terus memimpin transformasi digital yang memberikan manfaat bagi pelanggan dan masyarakat luas.

1. PLN Group Raih Sebelas Penghargaan Inovasi Digital

Pada tahun 2020, PLN Group berhasil memenangkan 11 penghargaan inovasi digital yang berbeda. Inovasi digital telah memunculkan era baru dalam industri energi. PLN telah mengembangkan berbagai produk dan layanan inovatif menggunakan teknologi digital dan IoT seperti smart metering, unified distribution of information technology (UDIT), Internet of Things (IoT) gateways, dan aplikasi mobile untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Penghargaan membuat PLN semakin termotivasi untuk terus melakukan inovasi yang lebih baik.

2. Transformasi Digital PLN untuk Menyelesaikan Masalah Energi

PLN telah memperkenalkan Smart Grid sebagai solusi untuk mengatasi masalah energi di Indonesia. Smart Grid adalah transisi dari sistem energi konvensional menjadi sistem energi modern yang mengoptimalkan penggunaan energi. Teknologi yang dimiliki PLN membuat siapapun dapat memantau dan mengukur penggunaan energi secara real time. PLN juga menyediakan layanan customer care melalui aplikasi MyPLN yang memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengurus kebutuhan berkaitan dengan listrik.

3. Teknologi Digital dalam Program Listrik Masuk Desa

Program Listrik Masuk Desa (LMD) merupakan upaya PLN untuk menyediakan dan memperluas akses listrik kepada masyarakat di pelosok Indonesia. Teknologi digital yang diambil PLN untuk memperluas program ini adalah menggunakan Smartgrid dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLN juga membuka layanan pembayaran listrik secara online melalui aplikasi MyPLN dalam upaya memudahkan pelanggan.

4. Keuntungan Penggunaan Teknologi Digital Bagi Pelanggan

Program smart metering dan UDIT memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam pengontrolan pemakaian listrik dan menghemat tagihan listrik bulanan. Pelanggan dapat memantau penggunaan listrik melalui aplikasi mobil MyPLN juga mendapat pemberitahuan jika ada masalah pada sistem jaringan listrik. Aplikasi ini juga membantu pelanggan dalam pelaporan gangguan yang dihadapi, sehingga masalah dengan jaringan dapat diperbaiki lebih cepat.

5. Keterlibatan PLN dalam Pemanfaatan Energi Terbarukan

PLN berkomitmen untuk memenuhi 23% dari kebutuhan energi nasional dari sumber energi terbarukan pada tahun 2025. PLN bersedia berinvestasi lebih untuk kerjasama dengan berbagai instansi yang keberpihakan pada sumber energi terbarukan. PLN juga telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), serta menggunakan panel surya dan hydro power plant dalam memenuhi kebutuhan energi Indonesia.

6. Peningkatan Pelayanan Pelanggan dengan Teknologi Digital

Peningkatan teknologi digital PLN meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Karena aplikasi MyPLN, pelanggan dapat mengatasi masalah listrik dari rumah dan melacak permintaan mereka dengan lebih mudah. Pengguna juga dapat memilih jenis layanan yang mereka inginkan dengan leasing biaya sewa menggunakan smart meter. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menghemat pengeluaran bulanan mereka.

7. PLN Berinovasi dalam Memenuhi Berbagai Kebutuhan Energi di Indonesia

Kebutuhan akan listrik terus meningkat di Indonesia. PLN telah menemukan berbagai inovasi baru dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Inovasi termasuk sistem manajemen energi memungkinkan pelanggan untuk memantau pemakaian listrik secara real time, menggunakan energi matahari dan angin sebagai sumber energi yang berkelanjutan, dan mengoptimalkan transportasi listrik.

8. Memahami Sumber Daya Manusia dan Kebutuhan Inovasi PLN

PLN berinvestasi dalam sumber daya manusia untuk mendorong inovasi yang lebih baik. Selain itu, mereka menggunakan kreativitas dan keunggulan dalam bisnis untuk membangun lingkungan kerja yang positif. PLN juga memperkenalkan skema pertukaran Karyawan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pelatihan tentang manajemen inovasi dan cara mempraktikkannya dalam bisnis.

9. Kerjasama Strategis PLN dalam Mendukung Inovasi

PLN telah melakukan kesepakatan kerjasama dengan beberapa perusahaan dan institusi dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan. Pada tahun 2021, PLN melakukan kerjasama dengan Universitas Indonesia dalam membangun sistem jaringan listrik terbarukan dan memberikan pelatihan teknologi inovatif pada sumber daya manusia. Kerjasama ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan inovasi teknologi untuk masa depan.

10. Komitmen PLN untuk Menjadi Salah Satu Perusahaan Digital Terdepan

PLN Group berkomitmen untuk menjadi salah satu perusahaan digital terdepan di Indonesia. PLN terus mendukung pengembangan inovasi dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat luas. Komitmen ini tentunya menjadi motivasi bagi PLN untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Penutup

PLN Group berhasil memenangkan penghargaan Multi-Platform CEO Digital Technology dan Innovation Award Harapan 2023. PLN menjadi lebih termotivasi untuk terus melanjutkan inovasi teknologi terbaru bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia. Perusahaan ini juga berkomitmen untuk menyukseskan transformasi digital dengan memberikan pelayanan yang lebih baik untuk kebutuhan pelanggan di masa yang akan datang. Semoga inovasi yang dihasilkan PLN dapat memenuhi kebutuhan energi Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat.