Berapa Ukuran Kekentalan Oli yang Cocok Buat Motor Harian?

Ukuran Kekentalan Oli yang Cocok Buat Motor Harian

Motor menjadi alat transportasi yang sangat penting bagi masyarakat khususnya di kota-kota besar. Paket motor menjadi salah satu pilihan orderan di kurir online, sementara itu sebagian besar orang memilih menggunakan motor karena alasan mobilitas yang sangat tinggi. Oleh karena itu, perawatan motor sangatlah penting dilakukan, termasuk dalam mengganti oli. Pilihan oli yang tepat memiliki peran penting dalam menjaga performa motor yang baik. Lalu, berapa ukuran kekentalan oli yang cocok buat motor harian?

1. Apa fungsi oli pada motor?
Oli memiliki peran yang sangat penting bagi mesin motor, hal ini berhubungan dengan beberapa fungsi dari oli ini. Pertama, melumasi mesin agar komponen mesin dapat bergerak secara halus dan lancar. Oli juga membantu menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin motor sehingga mesin dapat bekerja dengan suhu yang optimal. Selain itu, oli juga mampu mencegah karat dan korosi pada bagian mesin motor.

2. Mengapa memerlukan ukuran kekentalan oli yang tepat?
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, oli memiliki banyak fungsi bagi mesin motor. Dan salah satu faktor penting dalam menentukan kinerja dari oli pada mesin motor adalah kekentalan dari oli tersebut. Kekentalan oli sangat penting karena dapat mempengaruhi aliran oli pada mesin. Jika kekentalan oli terlalu tinggi, maka aliran yang dihasilkan akan tertahan sehingga mesin tidak dapat berputar secara optimal. Namun, jika kekentalan oli terlalu rendah, maka oli tidak bisa membentuk lapisan pelindung yang optimal pada bagian mesin sehingga mesin menjadi lebih rentan terhadap gesekan dan panas.

3. Berapa ukuran kekentalan oli yang cocok untuk motor harian?
Ukuran kekentalan oli akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna motor harian. Dan hasilnya, dianjurkan jika motor harian memilih oli dengan kekentalan SAE 10W-40 atau SAE 10W-30. Mengapa? Karena kekentalan oli tersebut dapat membantu menjaga mesin tetap sejuk, melumasi secara optimal, dan mengurangi gesekan pada komponen mesin. Kekentalan yang tidak terlalu tinggi ini membuat oli lebih mudah terdistribusi pada bagian mesin, sehingga mesin dapat bekerja secara optimal.

4. Bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mesin motor?
Dalam memilih oli yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting, yaitu ukuran kekentalan oli dan kandungan aditif yang terdapat pada oli tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memilih merek oli yang terpercaya dan memiliki testimoni positif dari pengguna lain. Untuk memastikan kualitas oli yang Anda gunakan, pilihlah oli yang sudah terdaftar secara resmi dan memiliki sertifikat dari produsen oli.

5. Apakah faktor lain yang perlu diperhatikan?
Selain memperhatikan ukuran kekentalan oli, Anda juga perlu memperhatikan faktor lain seperti kondisi mesin dan jenis bahan bakar yang digunakan. Kondisi mesin dapat mempengaruhi kinerja oli pada mesin, jika mesin dalam kondisi kurang baik, maka oli tidak dapat bekerja secara maksimal. Sedangkan jenis bahan bakar yang digunakan juga dapat mempengaruhi kinerja oli, sehingga pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi dari mesin motor yang dimiliki.

6. Bagaimana cara mengganti oli pada motor?
Penggantian oli pada motor sebaiknya dilakukan secara rutin dengan interval waktu yang sudah ditentukan oleh pabrik motor. Biasanya penggantian oli dilakukan setiap 3.000 km atau sekitar 3 bulan sekali. Terlebih lagi, bila mesin motor sering dipakai dalam kondisi berat seperti terjebak macet di jalanan tentu harus lebih sering melakukan penggantian oli. Cara mengganti oli pada motor cukup mudah, cukup menanggalkan baut penutup pada mesin oli, memperhatikan tutup oli supaya agak terbuka untuk memudahkan aliran keluar mesin oli. Kemudian didiamkan sejenak agar oli keluar secara merata dan bersihkan dengan lap yang bersih bagian dalam lubang oli. Setelah itu, masukkan oli yang baru dengan jumlah yang sudah spesifik pada motor tersebut.

Kesimpulan

Ukuran kekentalan oli sangat penting bagi pemilihan oli yang cocok buat motor harian. Pemilihan kekentalan oli yang tepat dapat membantu menjaga kondisi mesin motor tetap prima, mengurangi gesekan pada mesin, serta menjaga mesin tetap sejuk. Namun, pemilihan oli yang tepat tidak hanya dipengaruhi oleh kekentalan oli saja, namun juga adanya faktor kondisi mesin dan jenis bahan bakar yang dipakai. Oleh karena itu, perlu memilih oli yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja mesin dan menjaga kestabilan performa motor dalam jangka waktu yang panjang.

#Happyoptimizing 😉